September 2007


Kmaren gw terpaksa libur masak nih.
Soalnya ada acara buka puasa brg temen2 kuliah.
Acaranya di Plaza Semanggi (Plangi), tepatnya di Rice Bowl Plangi.
Untuk menuju ke tempat tujuan, mayan penuh pengorbanan juga.
Soalnya sempet gada temen brangkat brg, scara temen2 gw dah pd kerja semua,
so mreka pd brangkat dr kantornya deh=(. Untungnya disaat-saat gw sdg berdesperado ria, ada satu biji temen yg mau brangkat melewati daerah rumah gw. Hhh…untunglah.
Tapi msh ada satu perjuangan lg, yaitu gw musti nungguin dia kelarin kerjaannya dulu
(yg baru kelar skitar jam1/2 5-an, sdgkan gw dah berbaju rapi dr jam1/2 4-an, mayan jg yah nunggu sambil bengong 1jaman). Kelar tuh anak ngerjain kerjaannya, kita melaju ke terminal bis rawamangun & menunggu kedtgan bis.(nunggu bisnya lumayanlah…sampe kita sempet beli es kelapa dulu di pasar, soalnya takut ga keburu nyampe di plangi, trus musti buka puasa di jln, jd siap2lah kita bli bekal dulu untuk buka di jln). Akhirnya, bis yg ditunggu tunggu dtg jg skitar jam5an, dan ternyata eh ternyata… jlnannya kosong song song bo!. Arus balik emang penuuuuhh bgt, tp jalur kita kosong!! Alhamdullillah.
Tepat waktu adzan maghrib tiba, kita tepat nyampe di dpn pintu masuk plangi. dan tepat saat itu jg, tali sandal gw putus. Aduuh…kok ada2 aja yah? Apa emang disuruh bli sandal br di plangi yah? yaudah deh… dgn terpaksa (tp hati gembira) gw liat2 cari2 sandal diplangi d;p

  • Review hari ini…akhirnya gw nyampe jg di acara buka puasa…dan Alhamdullillah lancar, tp sayang… mknannya B bgt, kurang enak & asik. Untung aja es shanghainya enak. & Untung aja (lg) mknnya brg temen2 yg dah lama ga ktemuan, jd…tdk merusak seneng2nya hr itu=).

Bahan2nya:

  • 500 gr cumi, bersihkan dan remat2 dengan garam (agar bau amisnya hilang), cuci bersih, sisihkan
  • 12 buah cabe merah (kalo suka pedas, cabe bisa ditambah sesuai selera)
  • 7 buah bawang merah
  • 6 buah bawang putih
  • 1/2 buah tomat
  • 1 ruas jari jahe
  • 1 ruas jari kunyit
  • 1 buah kemiri
  • 1 lembar daun jeruk
  • garam & gula secukupnya

Cara Pengolahannya:

  • Rebus semua bumbu (cabe, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, tomat, dan kemiri) sampai empuk, kemudian ulek (ga halus2/aga kasar sedikit juga boleh).
  • Tumis bumbu dan daun jeruk sampai harum
  • Kemudian masukkan cumi beserta garam dan gula secukupnya, aduk2 hingga rata.
  • Tambahkan 100 ml air, kecilkan api, tutup wajan.
  • Setelah air berkurang (tinggal sedikit), cumi sudah empuk, & bumbu sudah meresap, matikan api. Masakan siap disajikan.

Bahan2nya:

  • 500 gr udang, dibersihkan & buang kepalanya
  • 100 gr mentega
  • 6 buah bawang putih diiris-iris
  • 1 sdt lada halus
  • 12 sdm kecap asin
  • 12 sdm kecap inggris
  • 4 sdm kecap manis

Cara Pengolahannya:

  • Goreng udang dengan mentega sampai berubah warna, sisihkan.
  • Tumis bawang putih dengan mentega (bekas menggoreng udang) sampai harum.
  • Masukkan kecap asin, kecap inggris, kecap manis, dan lada halus, aduk hingga rata.
  • Setelah mendidih, masukkan udang yang telah digoreng, aduk hingga bumbu meresap.

Hhhh…kmaren akhirnya jd jg masakin
Udang Goreng Saos Mentega pesanan suami tercinta;)
Walaupun bdn rasanya lagi gaenak…tp gw bertekad teteup masakin.
Untung aja, resepnya gampang banget.
Abis masak udang, eh…taunya semangat memasaknya masih tersisa…
akhirnya jdlah hari itu malah bikin 2 menu.
Udang Goreng Saos Mentega ama Cumi dipedesin.
Alhamdullillah semuanya kelar & sukses.
Abis slese masak..langsung tiduuuurrr…
Hhhh…senangnya bertemu dengan kasurku kembali…

*Resepnya seperti biasa bisa dilihat di resep dephe yah.

Ni resep baru gw kalo mo nyobain.

Bahan2nya:

  • 1 ekor ayam, potong sesuai selera
  • 100 ml air & 1/2 sdt garam
  • 1/2 sachet refill mentega
  • 200 gr nanas potong dadu
  • 15 buah bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 15 buah cabe besar, campur merah & hijau
  • 1/2 buah bawang bombay
  • 1/2 sdm garam
  • 1/2 jahe dikeprek
  • 1 tangkai salam
  • 1 lembar daun jeruk

Cara Mengolahnya:

  • Ayam yang telah dipotong-potong dan dicuci bersih digodok dengan air dan 1/2 sdt garam sampai air kering, sisihkan.
  • Bumbu-bumbu (bawang merah, bawang putih, cabe, dan bawang bombay) diris-iris, kemudian ditumis bersama garam, jahe, salam, dan daun jeruk sampai harum.
  • Setelah harum masukkan ayam yang telah digodok, aduk rata.
  • Terakhir, setelah masakan hampir matang…masukkan potongan nanas, aduk-aduk sebentar hingga rata, lalu angkat dan siap disajikan.

tgl 21 kmaren, gw telah mengujicoba resep ala gw lagi.
namanya Tumis Ayam Nanas.
Katanya pencicip setia gw (suami gw=),
katanya sih udah enak…

malu deh (duh…jadi maluuu..)
Kalo mau tau resepnya liat aja di resep dephe ya..

alhamdullillah…
masakan pertama gw sukses!!
ah…senangnya hatiku…

seneng deh

kirain bakal gagal, ternyata sukses bo!
oia..tapi tdnyakan rencananya mau membuat
Udang Goreng Saos Mentega, tapi berhubung saos inggrisnya lom punya,
setelah gw melihat-lihat bumbu-bumbu yang tersedia
di dapur, gw memutuskan untuk membuat…
Udang Asam Pedasss Ala Gw!!
Eh…ternyata…tak disangka dan tak diduga,
enak jg loh hasilnya.
Ayo kalo yang mo nyoba bikin silahkan liat
di resep dephe yaahhh…

Next Page »