Sehari menjelang Idul Adha gw mulai sibuk mencari2 berbagai resep dgn berbahan dasar kambing. Menu kaya: tongseng, sate, gulai, etc…emang udah biasa dihidangin ma nyokap tiap hari Raya Idul Adha tiba. Tapiii…berhubung skrg gw dah berubah status (not a single woman anymore) so..gw mulai mikirin deh, kira2 nanti mo dimasak apaan ya tuh daging kambing??apa yah? awalnya sih..niatnya, pgn dimasak yg biasa2 aja kaya nyokap biasa bikin, tapi eehh…taunya sang suami minta dimasakin ‘Lamb chop’ yg beda. hheeeeh? lamb chop? heeh?menu apaan tuh? yaaah..kayanya enak bener nih orang mintanya…dia kira istrinya jago masak kali yak? boro2 bisa masak lamb chop, masak gulai atau tongseng yg standar aja gw belom bisa…duh..mbok ya sadar mas…=) yah…akhirnya mslh ini gw serahkan pd mas google aja deh. At least…setelah sekitar 20 menitan mencari cari dan membaca baca segala resep yg berbahan dasar kambing, akhirnya gw menemukan beberapa resep yg kayanya asik (dan yg pasti yg kayanya gampang bikinnya=p). Inilah beberapa resep pilihan gw;

Kambing Seantero Nusantara
Sumber: (maap..lupa darimana=p)

Bahan:

  • 600 gr daging kambing, potong dadu 1×3 cm
  • 2 sdm petis udang
  • 2 sdm kecap manis
  • 300 ml air
  • 2 bh tomat, potong-potong
  • 5 bh cabai merah, buang biji, iris halus
  • 10 bh cabai rawit merah/hijau utuh
  • 2 sdm minyak goreng untuk menumis

Haluskan:

  • 8 bh bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt lada
  • 3 cm jahe
  • 2 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus sampai harum, masukkan daging kambing, aduk-aduk sampai daging berubah warna.
  2. Masukkan petis udang dan kecap manis, tuang air, masak sampai daging lunak dan kuah tinggal sedikit.
  3. Masukkan cabai iris dan cabai rawit, aduk-aduk sampai cabai matang.

Iga Kambing Panggang ala Maroko
Sumber : Majalah Femina

     

Bahan-Bahan :

  • 800 gram iga kambing
  • 25 gram daun ketumbar
  • 50 gram mentega
  • 150 gram bawang bombay, iris halus
  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • 1,5 sendok teh garam
  • 250 ml air matang

Cara Mengolah :

  1. Bersihkan iga kambing dari lemak lemak yang melekat, potong menurut ruasnya, sisihkan.
  2. Cuci bersih daun ketumbar berikut akarnya. Cincang halus daun ketumbar, biarkan utuh tangkai dan akar daun ketumbar, sisihkan.
  3. Panaskan mentega, tumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum. Masukan garam, jahe parut dan kunyit bubuk, aduk rata.
  4. Masukan iga kambing, tambahkan air, tangkai, dan akar ketumbar. Masak iga hinga empuk dan air meresap.
  5. Tambahkan daun ketumbar, aduk rata, angkat.
  6. Panggang iga diatas bara api hingga berwarna kecokelatan, angkat. Sajikan hangat.

(Disajikan Untuk : 4 Orang)

Kebab Kambing Saus Yoghurt
Sumber : http://www.resepmami.com

Bahan2 kebab:

  • 500 gram daging kambing, cincang
  • 1 sdt daun peterseli, cincang
  • 1 sdm daun ketumbar, cincang
  • 1 butir kuning telur
  • 1/4 sdt kayu manis bubuk
  • 1/4 sdt adas bubuk
  • 1/4 sdt merica hitam bubuk
  • 1 sdt garam

Bahan2 saus yoghurt:

  • 200 cc yoghurt tawar
  • 1 siung bawang putih, parut
  • 2 sdt acar timun, cincang halus
  • 1 sdt air jeruk lemon
  • 1/2 sdt gula pasir

Cara Mengolah:

Kebab:

  1. campur semua bahan, aduk hingga rata, lalu bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan panjang (sekitar 10 cm), tusuk dengan tusuk sate.
  2. Taruh dalam wadah, tutup dengan selembar plastik, lalu simpan dalam kulkas selama 2 jam agar bumbu meresap.
  3. Panggang di atas bara api atau wajan steak sambil dibolak-balik hingga matang, angkat.

Saus yoghurt: campur semua bahan, aduk hingga rata.

Biasanya kebab disajikan bersama-sama dengan saus yoghurt.

     

Kabab
Sumber: http://www.resepmami.com

Bahan2:

  • 500 gram daging kambing, cincang
  • 5 sdm bawang merah goreng, remas hingga hancur
  • 3 sdt bumbu gulai
  • 5 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 100 gram mentega/margarin
  • 50 cc minyak sayur

Cara Membuatnya:

  1. Campur daging kambing, bawang merah goreng, bumbu gulai, bawang putih, garam, dan merica bubuk, aduk hingga rata, lalu bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan sebesar bakso.
  2. Letakkan bulatan-bulatan daging dalam wajan, masukkan margarin dan minyak sayur, masak di atas api besar hingga berubah warna dan kaku, lalu kecilkan api, masak terus sambil diaduk-aduk hingga matang, angkat.

Borju Paprika’s (Kambing Bumbu Paprika)
Sumber : Majalah Sedap Sekejap

     

Bahan-Bahan :

  • 500 gram daging kambing, potong 3×3 cm
  • 1 buah bawang bombay, cincang halus
  • 2 sdm minyak goreng
  • 1/2 sdt paprika bubuk
  • 50 ml air
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1000 ml air
  • 2 buah paprika hijau, potong kotak kecil
  • 1 kaleng tomat, cincang halus
  • 200 ml sour cream
  • 1 1/2 sendok makan tepung terigu
  • 100 ml sour cream untuk siraman

Cara Mengolah :

  1. Tumis bawang bombay sampai layu selama 5 menit.
  2. Masukkan paprika bubuk dan 50 ml air, masak sampai mendidih.
  3. Masukkan daging dan garam, lalu tutup panci selama 10 menit.
  4. Tuang air, paprika, dan tomat kaleng.
  5. Aduk-aduk sambil masukkan tepung terigu dan sour cream, aduk rata.
  6. Masak sampai kuah kental, angkat.

Sajikan dengan disiram sour cream.
(Disajikan Untuk : 6 Orang)

Grill Lamb Chop
Sumber: http://www.boga-ku.blogspot.com

Bahan2nya:

  • 10 buah lamb cutlet/lamb forequarter chop
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 2 sdm margarin/ butter
  • 4 sdm kecap manis

Cara :

  1. Masukan bawang putih dan margarin kedalam wajan kecil, lelehkan.
  2. Siapkan wadah, masukan kecap, dan margarin yang sudah dilelehkan, aduk rata.
  3. Masukkan lamb chop kedalam bumbu, aduk rat, dan biarkan dalam lemari es selama 1 jam atau lebih (makin lama,makin meresap)
  4. Panggang dalam panggangan/grill pada oven listrik selama 10-15 menit, tergantung dari besarnya daging dan jumlah daging yang dipanggang bersamaan.

Sajikan dengan salad.

Bagar Kambing
Sumber: http://www.boga-ku.blogspot.com

Ingredients:

  • 1 kg daging kambing
  • 1 buah bawang bombay, diiris
  • 5 siung bawang merah, diiris
  • 3 buah cengkih
  • 2 buah kapulaga
  • 1 batang kecil kayu manis
  • Ghee/ minyak samin/ margarin

Bumbu yang dihaluskan :

  • 5 buah bawang merah
  • 5 buah cabe merah, buang bijinya
  • 2 siung bawang putih
  • 1 ruas ibu jari jahe
  • 1 ruas lengkuas
  • 2 sdm ketumbar
  • 1 sdm jinten
  • 1/4 biji pala diparut

Directions:

  1. Tumis bawang bombay, bawang merah dengan minyak sampai layu.
  2. Masukkan bumbu halus, cengkih, kapulaga, kayu manis, aduk rata sampai wangi.
  3. Masukkan daging kambing yang sudah dibersihkan, aduk rata dan biarkan sampai daging kering, sehingga keluar minyaknya.
  4. Masukkan air panas, rebus atau masak daging hingga empuk dan agak asat.

Sajikan dengan taburan bawang goreng.

Oke guys…itulah beberapa resep pilihan yg berbahan dasar kambing. Hhmmm..kira2 bisa bikinnya ga yah gw??? bisa ga ya Yah…wismilak lah…wismi
dan u/ kalian…Selamat Mencoba juga yaaaah!!

Advertisements