Dulu, waktu gw belum merit, suami gw suka bawa bekal/ lunch box ke kampus.
Nah…berhubung kita satu kampus (beda fakultas doang), jadilah ransum makanan itu kita makan bersama (maksudnya, bukan bersama dalam arti buat kita berdua doang loh…, tapi…buat “bersama” ber-4 atau ber-5 orangan, bareng temen2 sekampus atau se-kos-an gw juga. (Hhmmm…malahan, tuh ransum lebih sering dimakan ma gw dan temen2 kosan gw. Suami gw sering mengalah, dia lebih sering ‘terpaksa’ membeli makanan buat makan siang dia lagi. Soalnya temen2 kosan gw suka pada ganas kalo liat makanan enak. Alasan mereka sih; “Waahh…makanannya kaya masakan dirumah yah?, pas banget, gw lagi kangen pengen makan masakan rumah kaya gini nih…bla..bla..bla…dan ujung2nya…”Gw minta ya Phe…” (“Iya iya…makanlah sepuas hatimu nak!!?? hihihi^^

Dan dari bermacam2 menu makanan yang suka dibawain ma suami gw, ransum yang paling gw tunggu2 adalah ransum yang berisi lauk………daging pedesss…
Menurut gw, tuh lauk enaaaak ‘aja’ deh rasanya. Kuah bumbunya juga gw suka banget. Saking sukanya gw ma tuh masakan, waktu acara pra-lamaran gw, gw dibawain “daging pedes” yang buanyak ma mertua gw.
Dan…setelah gw merit, gw nanya ma mertua gw, “Bu, gimana sih cara bikin daging pedes?” Ehhh… ternyata…ga taunya gampanggggg banget bikinnya! Abis dikasih tau, besoknya gw langsung ujicoba deh. Dan…tarrrrraaaa…
jadilah daging pedes buatan gw sendirihoorrree

Jadiii…gini nih resepnya;

Bahan-bahannya:

  • 1 kg daging sankle (daging ini nih yang paling enak buat bikin daging pedes. soalnya dagingnya lebih cepet empuk, dan ada lemak dan gajihnya yang kenyel2 gitu. daging yang bagian ini yang paling gw suka=))
  • 1/4 kg cabe merah
  • 20 buah bawang putih
  • 15 buah bawang merah
  • 1 ruas jari kunyit
  • jahe sedikit, dikeprek
  • daun kunyit (kalo ada)
  • 1 sdm garam
  • gula sedikiiit (kalo ga suka pedes, gulanya boleh ditambah sesuai selera)

Cara membuatnya:

  1. Blender semua bumbu2 (cabe, bawang putih, bawang merah, dan kunyit) sampai halus, sisihkan.
  2. Tumis bumbu2 yang sudah dihaluskan bersama jahe, garam, gula, dan daun kunyit sampai harum.
  3. Setelah bumbu harum, masukkan tumisan bumbu dan daging, kedalam rebusan air yang sudah mendidih. Rebus daging dengan api kecil sampai empuk, dan bumbu hingga agak mengental.
  4. Daging pedas siap untuk disajikan! (gampang banget kan?;D)
Advertisements