Minggu yang lalu, orang dirumah sini minta dibikinin lauk asem2 ma mbak dirumah.
Tapi, waktu tuh masakan dah jadi, pas gw liat kok bentuknya aneh ya?
Beda ama masakan asem2 yang biasa dibikin nyokap gw dirumah.
Kok bentuknya cenderung kaya semur yah?kok
Ooo…mungkin bentuknya doang kali yg beda, tapi rasanya sama aja
(kata gw dalam hati).
rasanya ternyata emang sesuai ama bentuknya…yaitu rasa semur daging,
ga mirip ama rasa “asem2” sama sekali.baaa
Akhirnya… hari itu kita gagal deh menikmati “asem2” sesuai keinginan.

Menjelang seminggu kemudian,
tiba2 gw mulai teringat lagi kejadian itu,
dan karena gw masih penasaran pgn makan “asem2” kaya bikinan nyokap,
so gw telpon deh nyokap gw minta ajarin cara bikin “asem2” yang bener.

Dan kemarin…
melihat jadwal gw yg tidak terlalu padat,
gw berencana mencoba resep yg baru gw dapet dr nyokap.
Dan…ternyata.. gw berhasil!!! yeah yeeaaaah…(norak amat yah?! =p)

Inilah resepnya;

Bahan2:

  • 1/2 kg daging sankle/ tetelan juga boleh (potong dadu)
  • 1/2 kg buncis (bersihkan, dan potong jadi 3 tiap batangnya)
  • 15 buah cabe merah besar (iris2)
  • 15 buah cabe ijo besar (iris)
  • 30 buah bawang merah (iris2 tipis)
  • 20 buah bawang putih (iris2 tipis)
  • 1 buah tomat (iris)
  • 1 ruas jari lengkuas
  • 2 lembar daun salam
  • 5 buah belimbing wuluh (belah 2 tiap buahnya)
  • kecap
  • garam dan gula secukupnya

Cara membuatnya:

  • rebus daging hingga empuk, lalu sisihkan. (biarkan daging tetap dalam air rebusannya)
  • tumis buncis sebentar, sampai warnanya sedikit berubah, kemudian masukkan irisan cabe, tumis sebentar, sisihkan.
  • tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum (kecoklat2an), kemudian masukkan daging beserta air rebusannya, tambahkan kecap, garam, dan gula, aduk rata. masak dalam api kecil.
  • Setelah airnya mendidih, masukkan salam, lengkuas, tumisan buncis dan cabe, belimbing wuluh, serta tomat. Aduk2 sebentar hingga rata, angkat.
  • Masakan siap dinikmati.
Advertisements