Resep dephe


Minggu yang lalu, orang dirumah sini minta dibikinin lauk asem2 ma mbak dirumah.
Tapi, waktu tuh masakan dah jadi, pas gw liat kok bentuknya aneh ya?
Beda ama masakan asem2 yang biasa dibikin nyokap gw dirumah.
Kok bentuknya cenderung kaya semur yah?kok
Ooo…mungkin bentuknya doang kali yg beda, tapi rasanya sama aja
(kata gw dalam hati).
rasanya ternyata emang sesuai ama bentuknya…yaitu rasa semur daging,
ga mirip ama rasa “asem2” sama sekali.baaa
Akhirnya… hari itu kita gagal deh menikmati “asem2” sesuai keinginan.

Menjelang seminggu kemudian,
tiba2 gw mulai teringat lagi kejadian itu,
dan karena gw masih penasaran pgn makan “asem2” kaya bikinan nyokap,
so gw telpon deh nyokap gw minta ajarin cara bikin “asem2” yang bener.

Dan kemarin…
melihat jadwal gw yg tidak terlalu padat,
gw berencana mencoba resep yg baru gw dapet dr nyokap.
Dan…ternyata.. gw berhasil!!! yeah yeeaaaah…(norak amat yah?! =p)

Inilah resepnya;

Bahan2:

  • 1/2 kg daging sankle/ tetelan juga boleh (potong dadu)
  • 1/2 kg buncis (bersihkan, dan potong jadi 3 tiap batangnya)
  • 15 buah cabe merah besar (iris2)
  • 15 buah cabe ijo besar (iris)
  • 30 buah bawang merah (iris2 tipis)
  • 20 buah bawang putih (iris2 tipis)
  • 1 buah tomat (iris)
  • 1 ruas jari lengkuas
  • 2 lembar daun salam
  • 5 buah belimbing wuluh (belah 2 tiap buahnya)
  • kecap
  • garam dan gula secukupnya

Cara membuatnya:

  • rebus daging hingga empuk, lalu sisihkan. (biarkan daging tetap dalam air rebusannya)
  • tumis buncis sebentar, sampai warnanya sedikit berubah, kemudian masukkan irisan cabe, tumis sebentar, sisihkan.
  • tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum (kecoklat2an), kemudian masukkan daging beserta air rebusannya, tambahkan kecap, garam, dan gula, aduk rata. masak dalam api kecil.
  • Setelah airnya mendidih, masukkan salam, lengkuas, tumisan buncis dan cabe, belimbing wuluh, serta tomat. Aduk2 sebentar hingga rata, angkat.
  • Masakan siap dinikmati.

Dulu, waktu gw belum merit, suami gw suka bawa bekal/ lunch box ke kampus.
Nah…berhubung kita satu kampus (beda fakultas doang), jadilah ransum makanan itu kita makan bersama (maksudnya, bukan bersama dalam arti buat kita berdua doang loh…, tapi…buat “bersama” ber-4 atau ber-5 orangan, bareng temen2 sekampus atau se-kos-an gw juga. (Hhmmm…malahan, tuh ransum lebih sering dimakan ma gw dan temen2 kosan gw. Suami gw sering mengalah, dia lebih sering ‘terpaksa’ membeli makanan buat makan siang dia lagi. Soalnya temen2 kosan gw suka pada ganas kalo liat makanan enak. Alasan mereka sih; “Waahh…makanannya kaya masakan dirumah yah?, pas banget, gw lagi kangen pengen makan masakan rumah kaya gini nih…bla..bla..bla…dan ujung2nya…”Gw minta ya Phe…” (“Iya iya…makanlah sepuas hatimu nak!!?? hihihi^^

Dan dari bermacam2 menu makanan yang suka dibawain ma suami gw, ransum yang paling gw tunggu2 adalah ransum yang berisi lauk………daging pedesss…
Menurut gw, tuh lauk enaaaak ‘aja’ deh rasanya. Kuah bumbunya juga gw suka banget. Saking sukanya gw ma tuh masakan, waktu acara pra-lamaran gw, gw dibawain “daging pedes” yang buanyak ma mertua gw.
Dan…setelah gw merit, gw nanya ma mertua gw, “Bu, gimana sih cara bikin daging pedes?” Ehhh… ternyata…ga taunya gampanggggg banget bikinnya! Abis dikasih tau, besoknya gw langsung ujicoba deh. Dan…tarrrrraaaa…
jadilah daging pedes buatan gw sendirihoorrree

Jadiii…gini nih resepnya;

Bahan-bahannya:

  • 1 kg daging sankle (daging ini nih yang paling enak buat bikin daging pedes. soalnya dagingnya lebih cepet empuk, dan ada lemak dan gajihnya yang kenyel2 gitu. daging yang bagian ini yang paling gw suka=))
  • 1/4 kg cabe merah
  • 20 buah bawang putih
  • 15 buah bawang merah
  • 1 ruas jari kunyit
  • jahe sedikit, dikeprek
  • daun kunyit (kalo ada)
  • 1 sdm garam
  • gula sedikiiit (kalo ga suka pedes, gulanya boleh ditambah sesuai selera)

Cara membuatnya:

  1. Blender semua bumbu2 (cabe, bawang putih, bawang merah, dan kunyit) sampai halus, sisihkan.
  2. Tumis bumbu2 yang sudah dihaluskan bersama jahe, garam, gula, dan daun kunyit sampai harum.
  3. Setelah bumbu harum, masukkan tumisan bumbu dan daging, kedalam rebusan air yang sudah mendidih. Rebus daging dengan api kecil sampai empuk, dan bumbu hingga agak mengental.
  4. Daging pedas siap untuk disajikan! (gampang banget kan?;D)

Waktu ulangtahun gw setahun yang lalu, gw sempet nyoba bikin burger ala gw sendiri. Dan katanya orang2 yang nyoba sih…enaaakkkkk=P gw mau bagi2 resep bikin daging burgernya ke kalian nih. Gini nih resepnya…

Cara Membuat Daging Burger Ala Dephe;

Bahan-Bahan:

  1. 1 kg daging giling segar
  2. 12 butir bawang putih
  3. 1/2 bawang bombay kecil
  4. 1 sdm lada (lada bisa ditambahin sesuai selera)
  5. 1 sdt garam
  6. 1/2 kg tepung roti
  7. 2 sdm margarine/ mentega

Cara membuatnya:

  1. Haluskan bawang putih, garam, dan lada, sisihkan.
  2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dan bawang bombay yang sudah dicincang halus dengan margarine.
  3. Setelah bumbu harum, masukkan tumisan bumbu tsb kedalam wadah yang berisi daging giling, campur hingga bumbu rata.
  4. Setelah adonan tercampur rata, kemudian masukkan tepung roti ke dalam adonan. Ulenin hingga tercampur rata.
  5. Setelah itu, kita bisa mengambil adonan sebesar segenggam tangan, bentuk bulat, lalu pipihkan. (untuk besar kecilnya adonan daging burger ini, sesuai selera masing2).
  6. Adonan burger pun siap untuk digoreng dan dihidangkan bersama rekan-rekannya (roti burger, mentega, mayonaise, selada, tomat, saos sambal dan tomat, dlsb).

Selamat mencobanya ya…kedap kedip

note: kita bisa menyimpan adonan daging burger yang sudah dibentuk ini di dalam kulkas. Jadi kalo sewaktu-waktu kita kelaparan tapi malas pesan makanan (delivery order), kita bisa menggorengnya, dan menyajikan burger buatan sendiri di rumah dengan sekejap=)

Dikala waktu senggang, khususnya diwaktu hari libur, biasanya gw (dan suami) mengisinya dengan kegiatan yang sangat bermutu tinggi yaitu….mencari2 cemilan dan menyantapnya=) Cemilan yang paling kita sukai adalah “Ice cream chocolate with chocolate toping” (topingnya bisa: chocolate biscuit or chocolate cake/ brownies).

ice cream
ini neeh…cemilan favorit kita sekeluarga=) hhmmm…enaaaak bangeet…..!!!

Cara membuatnya gampang banget.

  • Tinggal siapkan 1 buah gelas,
  • Masukkan 2 scoop ice cream kedalam gelas,
  • Sematkan 1 buah stik biskuit coklat.

Atau

  • Siapkan 1 buah piring kecil u/ chocolate cake,
  • Letakkan 1 scoop ice cream diatasnya.
  • Siap u/ disantap=)

Atau

  • Siapkan 1 buah gelas,
  • Masukkan 100ml susu coklat kental cair kedalam gelas,
  • Tambahkan 2 scoop ice cream kedalamnya.

Atau…???
mix aja deh semuanya…=)

Sehari menjelang Idul Adha gw mulai sibuk mencari2 berbagai resep dgn berbahan dasar kambing. Menu kaya: tongseng, sate, gulai, etc…emang udah biasa dihidangin ma nyokap tiap hari Raya Idul Adha tiba. Tapiii…berhubung skrg gw dah berubah status (not a single woman anymore) so..gw mulai mikirin deh, kira2 nanti mo dimasak apaan ya tuh daging kambing??apa yah? awalnya sih..niatnya, pgn dimasak yg biasa2 aja kaya nyokap biasa bikin, tapi eehh…taunya sang suami minta dimasakin ‘Lamb chop’ yg beda. hheeeeh? lamb chop? heeh?menu apaan tuh? yaaah..kayanya enak bener nih orang mintanya…dia kira istrinya jago masak kali yak? boro2 bisa masak lamb chop, masak gulai atau tongseng yg standar aja gw belom bisa…duh..mbok ya sadar mas…=) yah…akhirnya mslh ini gw serahkan pd mas google aja deh. At least…setelah sekitar 20 menitan mencari cari dan membaca baca segala resep yg berbahan dasar kambing, akhirnya gw menemukan beberapa resep yg kayanya asik (dan yg pasti yg kayanya gampang bikinnya=p). Inilah beberapa resep pilihan gw;

Kambing Seantero Nusantara
Sumber: (maap..lupa darimana=p)

Bahan:

  • 600 gr daging kambing, potong dadu 1×3 cm
  • 2 sdm petis udang
  • 2 sdm kecap manis
  • 300 ml air
  • 2 bh tomat, potong-potong
  • 5 bh cabai merah, buang biji, iris halus
  • 10 bh cabai rawit merah/hijau utuh
  • 2 sdm minyak goreng untuk menumis

Haluskan:

  • 8 bh bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt lada
  • 3 cm jahe
  • 2 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus sampai harum, masukkan daging kambing, aduk-aduk sampai daging berubah warna.
  2. Masukkan petis udang dan kecap manis, tuang air, masak sampai daging lunak dan kuah tinggal sedikit.
  3. Masukkan cabai iris dan cabai rawit, aduk-aduk sampai cabai matang.

Iga Kambing Panggang ala Maroko
Sumber : Majalah Femina

     

Bahan-Bahan :

  • 800 gram iga kambing
  • 25 gram daun ketumbar
  • 50 gram mentega
  • 150 gram bawang bombay, iris halus
  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • 1,5 sendok teh garam
  • 250 ml air matang

Cara Mengolah :

  1. Bersihkan iga kambing dari lemak lemak yang melekat, potong menurut ruasnya, sisihkan.
  2. Cuci bersih daun ketumbar berikut akarnya. Cincang halus daun ketumbar, biarkan utuh tangkai dan akar daun ketumbar, sisihkan.
  3. Panaskan mentega, tumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum. Masukan garam, jahe parut dan kunyit bubuk, aduk rata.
  4. Masukan iga kambing, tambahkan air, tangkai, dan akar ketumbar. Masak iga hinga empuk dan air meresap.
  5. Tambahkan daun ketumbar, aduk rata, angkat.
  6. Panggang iga diatas bara api hingga berwarna kecokelatan, angkat. Sajikan hangat.

(Disajikan Untuk : 4 Orang)

Kebab Kambing Saus Yoghurt
Sumber : http://www.resepmami.com

Bahan2 kebab:

  • 500 gram daging kambing, cincang
  • 1 sdt daun peterseli, cincang
  • 1 sdm daun ketumbar, cincang
  • 1 butir kuning telur
  • 1/4 sdt kayu manis bubuk
  • 1/4 sdt adas bubuk
  • 1/4 sdt merica hitam bubuk
  • 1 sdt garam

Bahan2 saus yoghurt:

  • 200 cc yoghurt tawar
  • 1 siung bawang putih, parut
  • 2 sdt acar timun, cincang halus
  • 1 sdt air jeruk lemon
  • 1/2 sdt gula pasir

Cara Mengolah:

Kebab:

  1. campur semua bahan, aduk hingga rata, lalu bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan panjang (sekitar 10 cm), tusuk dengan tusuk sate.
  2. Taruh dalam wadah, tutup dengan selembar plastik, lalu simpan dalam kulkas selama 2 jam agar bumbu meresap.
  3. Panggang di atas bara api atau wajan steak sambil dibolak-balik hingga matang, angkat.

Saus yoghurt: campur semua bahan, aduk hingga rata.

Biasanya kebab disajikan bersama-sama dengan saus yoghurt.

     

Kabab
Sumber: http://www.resepmami.com

Bahan2:

  • 500 gram daging kambing, cincang
  • 5 sdm bawang merah goreng, remas hingga hancur
  • 3 sdt bumbu gulai
  • 5 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 100 gram mentega/margarin
  • 50 cc minyak sayur

Cara Membuatnya:

  1. Campur daging kambing, bawang merah goreng, bumbu gulai, bawang putih, garam, dan merica bubuk, aduk hingga rata, lalu bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan sebesar bakso.
  2. Letakkan bulatan-bulatan daging dalam wajan, masukkan margarin dan minyak sayur, masak di atas api besar hingga berubah warna dan kaku, lalu kecilkan api, masak terus sambil diaduk-aduk hingga matang, angkat.

Borju Paprika’s (Kambing Bumbu Paprika)
Sumber : Majalah Sedap Sekejap

     

Bahan-Bahan :

  • 500 gram daging kambing, potong 3×3 cm
  • 1 buah bawang bombay, cincang halus
  • 2 sdm minyak goreng
  • 1/2 sdt paprika bubuk
  • 50 ml air
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1000 ml air
  • 2 buah paprika hijau, potong kotak kecil
  • 1 kaleng tomat, cincang halus
  • 200 ml sour cream
  • 1 1/2 sendok makan tepung terigu
  • 100 ml sour cream untuk siraman

Cara Mengolah :

  1. Tumis bawang bombay sampai layu selama 5 menit.
  2. Masukkan paprika bubuk dan 50 ml air, masak sampai mendidih.
  3. Masukkan daging dan garam, lalu tutup panci selama 10 menit.
  4. Tuang air, paprika, dan tomat kaleng.
  5. Aduk-aduk sambil masukkan tepung terigu dan sour cream, aduk rata.
  6. Masak sampai kuah kental, angkat.

Sajikan dengan disiram sour cream.
(Disajikan Untuk : 6 Orang)

Grill Lamb Chop
Sumber: http://www.boga-ku.blogspot.com

Bahan2nya:

  • 10 buah lamb cutlet/lamb forequarter chop
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 2 sdm margarin/ butter
  • 4 sdm kecap manis

Cara :

  1. Masukan bawang putih dan margarin kedalam wajan kecil, lelehkan.
  2. Siapkan wadah, masukan kecap, dan margarin yang sudah dilelehkan, aduk rata.
  3. Masukkan lamb chop kedalam bumbu, aduk rat, dan biarkan dalam lemari es selama 1 jam atau lebih (makin lama,makin meresap)
  4. Panggang dalam panggangan/grill pada oven listrik selama 10-15 menit, tergantung dari besarnya daging dan jumlah daging yang dipanggang bersamaan.

Sajikan dengan salad.

Bagar Kambing
Sumber: http://www.boga-ku.blogspot.com

Ingredients:

  • 1 kg daging kambing
  • 1 buah bawang bombay, diiris
  • 5 siung bawang merah, diiris
  • 3 buah cengkih
  • 2 buah kapulaga
  • 1 batang kecil kayu manis
  • Ghee/ minyak samin/ margarin

Bumbu yang dihaluskan :

  • 5 buah bawang merah
  • 5 buah cabe merah, buang bijinya
  • 2 siung bawang putih
  • 1 ruas ibu jari jahe
  • 1 ruas lengkuas
  • 2 sdm ketumbar
  • 1 sdm jinten
  • 1/4 biji pala diparut

Directions:

  1. Tumis bawang bombay, bawang merah dengan minyak sampai layu.
  2. Masukkan bumbu halus, cengkih, kapulaga, kayu manis, aduk rata sampai wangi.
  3. Masukkan daging kambing yang sudah dibersihkan, aduk rata dan biarkan sampai daging kering, sehingga keluar minyaknya.
  4. Masukkan air panas, rebus atau masak daging hingga empuk dan agak asat.

Sajikan dengan taburan bawang goreng.

Oke guys…itulah beberapa resep pilihan yg berbahan dasar kambing. Hhmmm..kira2 bisa bikinnya ga yah gw??? bisa ga ya Yah…wismilak lah…wismi
dan u/ kalian…Selamat Mencoba juga yaaaah!!

“…..what the story morning glory…..” (created by oasis).

Good morning Dewi, good morning semuanya…
Sebagai seorang istri yang baik (cie cie…), gw (mau ga mau…) musti bangun paling pagi tiap hari… (walaupun masih ngantuk berat, mata masih rapet susah meleknya, badan masih lemes tak bergairah, pas bangun jalan juga masih sempoyongan, otak blom connect, etc…tapi…)
Bangun tidur ku terus mandimandi tidak lupa menggosok gigi gosok gigi(boong deng…hihihi^^, itu mah lagunya anak2 TK doang, ga berlaku buat gw=P), maksud gw, bangun tidur trus gw: nyiapin baju kerja suami, bikinin teh, masak nasi, ama bikinin sarapan, sekaligus menyiapkan bekel ransum buat dibawa suami ke kantor (biar ga jajan…) (alaaah…kaya di iklan2 aja=)). Tapiiii…berhubung masih pagi buta, dan mata sering masih males melek, makanya tiap pagi gw harus menyiapkan makanan yang simpel, ga pake ribet, bisa siap saji dalam sekejap.

Inilah dia..sebagian menu andalan makanan siap saji gw di pagi hari:
1. telor ceplok 1/2 mateng (khusus buat mertua gw, kalo suami gw ga doyan telor ceplok, pdhl kalo doyan , tiap pagi damai banget gw, ga perlu repot mikirin menu sarapan pagi lagi selama persediaan telor masih ada=))
2. mie goreng instan ditambah urek2 telor (internet goreng juga boleh, ato ga pake bakso juga sip, tapi menu ini khusus u/ keadaan urgent aja..jgn disediakan tiap hari, karena selain mkn mie ga sehat, perut juga bisa sakit kalo tiap pagi makannya mie terus).
3. mie rebus instan pake telor dan/ kornet, dan/ bakso (internet rebus ini juga buat kalo urgent aja ya, jangan dibikin tiap hari)
3. roti panggang (roti tawar diolesin mentega ma selai coklat, trus masukin deh ke panggangan roti)
4. burger atau sandwich (goreng beef atau sosis pake mentega ma roti yang udah diolesin mentega, olesin roti pake mayonnaise, saos tomat, ma saos sambal, taruh beef datas olesan saos tadi, kasih cheese, slada, ma irisan tomat & timun diatas beef tadi, kalo ada…)
5. omlet ala kos2an (ternyata…makanan andalan di kos2an gw dulu, kepake juga dirumah ini sekarang)
6. kornet goreng pake saos mayonnaise (goreng kornet pake mentega, trus sajiin dgn mayonnaise) atau
7. perkedel kornet (buat adonan campuran kornet dan telor aga kental, jangan encer ya, trus bentuk adonan bulat pipih (kaya bentuk perkedel kentang), goreng)
8. udang goreng (kalo ada stocknya di kulkas, tinggal goreng aja deh tuh udang pake mentega)
9. cumi goreng tepung (ulenin cumi pake tepung siap saji, trus tinggal goreng)
10. goreng makanan siap saji lainnya, misalnya: sosis, nugget, kentang, sarden, dll (ini suami gw juga ga terlalu suka kalo ga urgent banget).
11. yang terakhir…menu yang paling cepeeeet banget dan gampang banget, yaitu: manasin makanan semalem yang masih bersisa^^ (untungnya makanan ini emang sering bersisa…dan lama2 gw juga makin sering sengaja melebihkan masakan buat makan malam, biar besok bisa tinggal dipanasin doang, ga perlu repot2 lagi. ato ga bisa juga siapin adonan makanan yang besok pagi mau dimasak/ digoreng dari kemaren. Pokoknya cari yang sesimpel dan sepraktis mungkinlah buat sarapan besok pagi, soalnya masih pagi getoo loh…plis deh ah…)

yah…baru itu aja sih yang biasa gw masak dipagi hari..
ada masukan menu siap saji yang lain ga???=)

Resep gw kali ini gampaaaang banget bikinnya. Ga pake repot bersihin bumbu atau ngulek2… Rasanya juga, enaaak banget. Ga kalah deh ama steak2 yang suka kita makan di restoran steak (malah kata mertua ma suami gw enakan steak buatan gw ini;) alah).
Selamat memasak semuanyaaaa…masak

Bahan-bahannya:
1. 1/2 kg daging (kalo ada daging yg khusus buat steak, biar cepet empuk dan rasanya..steak banget=) tapi kalo gada gapapa, gausah sedih, daging biasa juga bisa kok, tapi yg bagus yah, yg empuk)
2. 500 ml air
3. 7 sdm saos perendam barbeque
4. 1 1/2 sdm saos sambal (kalo gasuka pedes gausah pake)
5. 1 sdm saos tomat
6. 2 sdm mentega

Caranya:
1. Potong daging dengan irisan yang agak tipis kemudian dipukul-pukul, sisihkan.
2. Rebus 500ml air, setelah agak mendidih, masukkan daging dan 3 sdm saos perendam, rebus dengan api kecil, dan biarkan hingga air bersisa sedikit.
3. Panaskan mentega, goreng daging yang sudah direbus tadi, sisihkan.
4. Masukkan saos perendam, saos sambal, saos tomat, dan semua daging kedalam penggorengan berisi mentega tadi (bekas menggoreng daging), aduk rata, dan biarkan agak sedikit mengental (tapi kuahnya jangan disisain sedikit doang, soalnya kuahnya enaaak).
5. Steak siap disajikan.

note: dalam penyajiannya, bisa ditambahkan dengan kentang goreng, rebusan babycorn, buncis, dan wortel. yah…standart steaklah…
Selamat menikmati…slamat menikmati

Next Page »